Cara Melakukan riset keyword atau kata kunci Sederhana untuk SEO blog

DIGITAL CILACAP - Banyak cara yang kita lakukan untuk riset keyword atau kata kunci Sederhana untuk SEO blog. Mulai dari cara yang ini lah, apa cara yang itulah. Namun apakah riset yang mereka lakukan benar? Berikut beberapa langkah dari blog Digital Cilacap dalam melakukan riset keyword kata kunci untuk SEO Blog Blogger


Sebuah Keyword atau kata kunci merupakan hal yang sangat istimewa sekali bagi sebuah SEO Blog. Jadi perlu adanya kehati-hatian dalam memilih kata kunci yang tepat buat artikel yang nantinya kita posting pada blog kita (Digital Cilacap). Dengan keyword yang tepat, maka pengunjung blog organik akan semakin berdatangan dan sekaligus meningkatkan rangking blog kita di google. 

Bagaimana Cara Melakukan Riset Keyword Sederhana Untuk SEO Blog ?

Cara Pertama

Dalam riset kata kunci, coba kamu pikirkan sebuah keyword yang ingin kamu buat pada sebuah postingan untuk blog kamu. Jika sudah ditemukan niche nya, coba kamu kembangkan keyword utama tadi menjadi beberapa judul yang panjang. Misal: Saya akan membuat postingan mengenai Menanak Nasi. Nah keyword utamanya "Menanak Nasi". Setelah itu, kamu bisa akses ubersuggest.io dan pilih negara Indonesia, kemudian ketikan keyword "menanak nasi kemudian klik tombol cari. Maka setelah loading akan muncul beberapa long tail keyword idea yang bisa kita kembangkan menjadi sebuah topik artikel yang menarik. Saring beberapa ide yang muncul. Pilih beberapa yang volumenya diatas 1.000 dan dibawah 10.000, setelah itu ambil beberapa longtail keyword dan dijadikan satu judul artikel. Jika sudah kita buat 1 judul, maka lakukan cara penggabungan keyword pilihan kita menjadi judul artikel ke 2 dan artikel berikutnya pun begitu. Usahakan satu keyword utama memiliki beberapa artikel dengan longtail keyword utama agar nantinya keyword utama kita akan semakin kuat. Usahakan artikel postingan blog yang akan dibuat setiap paragraf disisipkan longtail keyword dan jumlah kata per artikelnya usahakan diatas 750 kata.

Cara Kedua

Untuk cara sederhana yang kedua dalam menentukan kata kunci adalah dengan bantuan mesin pencari google. Kita buka google.co.id, dan pastikan bahasanya menjadi indonesia. Kemudian setelah itu kamu tentukan idea keyword utama yang akan kamu jadikan sebuah artikel atau beberapa artikel. Misal yang tadi "Menanak Nasi" nah kamu ketikan keyword utama ke form pencarian google dan kemudian tekan key spasi di keyboard kamu. Setelah itu muncul beberapa pengembangan keyword tadi, ketik ulang di notepad, dan kamu bisa jadikan sebuah artikel. Biasanya ada 10 draf long tail dari pengembangan keyword utama tadi di mesin pencarian google.

Cara Ketiga

Dalam cara ketiga ini kita membutuhkan bantuan google planner. login ke akun google keyword planner kamu, kemudian ketikan salah satu keyword utama yang ingin kamu target. Setelah itu muncul beberapa draf key yang berkaitkan. Pilih beberapa draf dengan volume Avg diatas 100 sampai 1K dengan kompetitornya low (boleh lah kalau mau yang kompetitornya medium, tapi kalau kami sarankan pilihlah yang low kompetitor) setelah dipilih buatlah beberapa longtail keyword dan dijadikan judul artikel.

Cara keempat

Untuk yang keempat ini, sebenarnya kita hanya ingin mengetahui tingkat kompetisi keyword yang kita pilih tadi. seberapa kuatkah kompetitornya. Dalam hal ini saya memerlukan ekstensi browser SEOQUAKE, kemudian install dibrowser kamu. Setelah terinstal buka google, dan ketikan keyword longtail yang sudah ditentukan. Jika sudah lihat results, jika nilai resultsnya dibawah 1juta maka kita bisa gunakan untuk dibuat artikel (kami rekomendasikan cari nilai results keyword yang diantara 300.000 samapi 600.000). Pada ekstensi seoquake juga tertera rank dari alexa, nah kita perlu perhatikan, jika yang muncul kompetitornya dengan rank yang tinggi-tinggi maka, keyword yang dipilih kita tadi layak untuk ditindak lanjuti menjadi sebuah artikel.

Demikian informasi mengenai Cara Melakukan riset keyword atau kata kunci  Sederhana untuk SEO blog. Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam menentukan riset keyword seo. Terimakasih.

0 Response to "Cara Melakukan riset keyword atau kata kunci Sederhana untuk SEO blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel